Get me outta here!

Minggu, 27 September 2020

Jenis Tepung Segitiga Biru yang Biasa Digunakan

Jenis Tepung Segitiga Biru yang Biasa Digunakan- Tepung adalah salah satu bahan yang paling banyak dicari di Indonesia. Banyak masakan yang menggunakan tepung sebagai salah satu bahan dasarnya, sehingga tepung merupakan bahan penting dalam masakan. Apalagi untuk bisnis kuliner, seringkali membutuhkan tepung yang cukup banyak.


Jenis Tepung Segitiga Biru yang Biasa Digunakan

Namun, ada banyak jenis tepung yang beredar di pasaran. Lima yang sangat populer di Indonesia adalah tepung segitiga biru, tapioka, tepung maizena, sagu, dan nasi. Lantas, apa saja perbedaan kegunaan keempat jenis tepung tersebut? Di sini STOQO telah mengumpulkan perbedaannya:


Tepung terigu

Tepung terigu merupakan tepung yang paling sering digunakan untuk masakan di Indonesia. Terbuat dari ekstrak bijih gandum, tepung ini dapat digunakan sebagai bahan dalam berbagai masakan seperti mie, roti, dan kue basah maupun kering. Tepung terigu sendiri terbagi menjadi 3 jenis yaitu tinggi, sedang dan rendah protein.


Tepung terigu tinggi protein mengandung gluten paling tinggi, sedangkan tepung terigu rendah protein mengandung gluten rendah. Kadar gluten ini akan sangat mempengaruhi tekstur makanan yang dihasilkan. Beberapa merek tepung terigu yang populer di Indonesia adalah Triangle Biru, Kunci Biru, dan Cakra Kembar.


Tepung tapioka

Berbeda dengan tepung terigu, tepung tapioka dibuat dari tanaman singkong. Tepung ini biasanya digunakan sebagai campuran dalam pembuatan cireng, kerupuk, rempeyek dan ronde. Tepung tapioka juga dikenal sebagai pati. Tepung tapioka sendiri merupakan jenis "pati" yang artinya bebas gluten.


Karena tidak mengandung gluten, tepung tapioka akan memberi tekstur kenyal pada masakan basah dan memberi tekstur masakan kering yang bertekstur renyah. Selain itu tepung ini sering digunakan sebagai pengental pada tumisan. Beberapa merk tepung tapioka yang banyak dijumpai di pasaran adalah Merk Mawar, Cincin Mas, dan Cap Tani.


Apa Saja Jenis Tepung Segitiga Biru yang Biasa Digunakan?

 

tepung sagu

Tepung sagu memiliki fungsi dan khasiat yang mirip dengan tepung tapioka. Keduanya merupakan tepung pati, namun bedanya tepung sagu dibuat dari pohon sagu. Seringkali tepung sagu digunakan sebagai bahan baku pembuatan pempek, bakso, siomay, dan batagor. Dilihat dari harganya, tepung sagu tergolong mahal dibandingkan jenis lainnya. Oleh karena itu, sebagian besar masyarakat lebih suka menggunakan tepung tapioka atau tepung maizena sebagai penggantinya.


Kanji dari tepung jagung

Tepung maizena adalah sejenis tepung yang terbuat dari jagung. Berbeda dengan jenis tepung lain yang biasanya digunakan dalam pembuatan roti atau kue, tepung maizena paling sering digunakan dalam pembuatan sup atau saus sebagai pengental. Selain itu, tepung maizena juga bisa dicampur dengan tepung terigu untuk menghasilkan tekstur yang renyah pada masakan yang digoreng.


Sama seperti tepung tapioka, tepung maizena juga tidak mengandung gluten. Oleh karena itu tepung terigu ini sering digunakan sebagai alternatif tepung terigu bagi orang yang menderita penyakit celiac. Merk tepung jagung yang banyak dijumpai di Indonesia adalah Maizenaku, Haan, dan Maizena 328.


Tepung beras

Tepung beras adalah tepung yang terbuat dari beras giling. Meski tidak termasuk tepung pati, tepung beras tidak mengandung gluten. Tepung segitiga biru ini biasanya digunakan dalam pembuatan kue kering tradisional seperti serabi, kue putu, dan cupcakes. Selain sebagai kue tradisional, tepung beras juga bisa digunakan sebagai bahan dasar bihun dan kwetiau.


Sedangkan tepung beras sering digunakan sebagai bahan pembuatan kertas beras (Banh Trang) yaitu kulit lumpia. Beberapa merk tepung beras yang banyak dijumpai di Indonesia adalah Merk Mawar, Tepung Beras BOLA, dan Suji Wangi. Itulah beberapa jenis tepung segitiga biru yang sering digunakan dalam bisnis kuliner dan kegunaannya.